Secara sederhana, guru inspiratif mempunyai karakteristik sebagai berikut.
Berpikir dan bercita - cita tinggi memajukan pendidikan dan membuat strategi teknis untuk mencapai cita - cita tersebut.
- berpikir bebas dan luas sehingga tidak terikat dengan cara - cara lama dan tradisi yang sebenarnya dapat dipertanyakan efektivitasnya.
- berani membuat pilihan dan menanggung konsekuensi atas pilihanya.
- dalam hubungan dengan siswa, guru inspiratif mempunyai pandangan :
- semua siswa berbakat, hanya lingkungan sajalah yang mempengaruhi bakat itu tumbuh dengan baik atau tidak.
- tidak ada siswa yang bodoh, hanya keadaanlah yang mengkondisikan siswa menjadi tampak seperti bodoh.
Setiap hubungan (interaksi) guru - siswa mempunyai potensi mengubah siswa menjadi lebih baik, tetapi juga berpotensi merusak siswa. jadi, guru harus fokus untuk membangun interaksi yang berpotensi mengubah siswa menjadi lebih baik dan meminimalkan interaksi yang merusak.
refrensi:
PUSTAKA WIDYATAMA
oleh : Acep Yonny dan Sri Rahayu Yunus
Yogyakarta
2011







0 komentar:
Posting Komentar