Rabu, 06 Mei 2015

Guru ispiratif

      Guru ispiratif  ADALAH  guru yang terbuka dan membuka wawasan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi siswa siswanya. bagi dirinya sendiri, guru ispiratif terbuka dengan berbagai pemikiran baru dan cara - cara baru untuk mensukseskan tugasnya mengajar. dan dia juga sekaligus membuka wawasan baru bagi siswa dan secara sungguh - sungguh memfasilitasi keusksesan siswanya dalam belajar. untuk menjadi guru inspiratif, dibutuhkan dedikasi yang tinggi pada profesi yang telah dipilihnya dengan sepenuh hati.
       Secara sederhana, guru inspiratif mempunyai karakteristik sebagai berikut.
      
       Berpikir dan bercita - cita tinggi memajukan pendidikan dan membuat strategi teknis untuk mencapai cita - cita tersebut.


  1. berpikir bebas dan luas sehingga tidak terikat dengan cara - cara lama dan tradisi yang sebenarnya dapat dipertanyakan efektivitasnya.
  2. berani membuat pilihan dan menanggung konsekuensi atas pilihanya.
  3. dalam hubungan dengan siswa, guru inspiratif mempunyai pandangan :
  • semua siswa berbakat, hanya lingkungan sajalah yang mempengaruhi bakat itu tumbuh dengan baik atau tidak.
  • tidak ada siswa yang bodoh, hanya keadaanlah yang mengkondisikan siswa menjadi tampak seperti bodoh.
         Dengan mengubah keadaan, maka perilaku siswa akan berubah. jadi, jika ingin mengubah siswa, maka ubahdulu keadaan (lingkungan) kelas/ sekolah dan bukan tiba - tiba saja menuntut siswa mengubah prilakunya tanpa konsekuensi yang memadai dari pihak guru atau sekolah.

       Setiap hubungan (interaksi) guru - siswa mempunyai potensi mengubah siswa menjadi lebih baik, tetapi juga berpotensi merusak siswa. jadi, guru harus fokus untuk membangun interaksi yang berpotensi mengubah siswa menjadi lebih baik dan meminimalkan interaksi yang merusak.

refrensi:

PUSTAKA WIDYATAMA
oleh : Acep Yonny dan Sri Rahayu Yunus
Yogyakarta
2011

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com